Translate

Minggu, 28 April 2019

KONSEP DASAR BIMBINGAN KONSELING REMAJA

PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada individu/kelompok agar mandiri dengan menggunakan berbagai bahan, interaksi, nasehat, gagasan, alat dalam suasana asuhan dan berdasarkan norma-norma.
Konseling adalah
proses pemberian Bantuan antara konselor dan konseli secara face to face dalam upaya mencari berbagai solusi pemecahan masalah yang dialami konseli dalam suasana ;saling interaksi,komunikasi,saling menghargaiberdasarkan norma-norma.
Hubungan Bimbingan dan Konseling
Kata bimbingan dan konseling tidak dapat dipisahkan.Kedua kata memiliki arti “ mengarahkan siswa agar berkembang sesuai dengan potensi.Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan individu/kelompok agar mandiri dengan konseling sebagai jantungnya bimbingan.
TUJUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
Membantu individu mencapai perkembangan yang optimalMembantu individu menjadi insan yang berguna dalam kehidupannya.Membantu individu mencapai kemandirian: mengenal dan memahami diri sendiri dan lingkungan secara positif dan dinamis, menerima diri dan lingkungan. mengambil keputusan . mengarahkan dan merealisasikan diri mengembangkan diri sesuai dengan potensinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar